Cerita di Balik Milad Ketiga Blogger muslimah

Keceriaan para peserta
Di Minggu (10/12/2017) yang cerah, menjadi moment paling berkesan sekaligus bersejarah terkait dengan #Milad3BloggerMuslimah. Sebuah kebanggaan karena termasuk satu peserta terpilih diantara puluhan pendaftar lainnya.

Sedari pertengahan November lalu pemberitahuan disampaikan melalui medsos grup BloggerMuslimah.id, dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan maka terasa ketatlah proses penerimaan. Terkumpul sejumlah tiga puluh peserta berdasarkan pendaftar tercepat, hingga harus meninggalkan kekecewaan bagi pendaftar yang tersisih.
https://twitter.com/blogmuslimah_id

Antusias para peserta terpancar dari canda ceria, diiringi alunan musik nan syahdu mencerminkan keanggunan muslimah sejati, membaur bersama kesibukan menghias setiap sisi dalam ruang yang hendak ditempati untuk acara kali ini. Berlokasi di Gedung Permata Kuningan, tepatnya kantor Proxsis Consulting Group yang terletak di lt.17, Kawasan Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan. Tempatnya yang tenang dan cozy membuat diri tidak kaku.

Setelah pengisian registrasi, supaya mendapat dua bingkisan, para peserta dengan senang hati berselfie di setiap sudut ruang, sambil menunggu dimulainya acara.

Eksis di Proxsis
tumpukan hadiah di meja
Ruangan proxsis yang comfortable berhasil disulap sesuai perayaan acara, menjadikannya semakin meriah dan bewarna. Balon aneka warna bergantungan menghiasi, aneka kado berpita menambahi serta ucapan 'Happy Birthday' melengkapi. Nuansa kekeluargaan pun terjalin mudah dengan para anggota blogger dan karyawan Proxsis.

Beruntungnya kami berkesempatan menempati Proxsis Co Working Space ini, yang sedianya tempat berkumpul para komunitas atau individu dari berbagai latar belakang pekerjaan atau pebisnis yang menginginkan suasana nyaman dan fun. Dukungan Proxsis yang begitu kuat untuk memberikan manfaat bagi banyak orang, selaras dengan misinya berikut ini :
1. Memberikan manfaat untuk orang banyak melalui kegiatan pengembangan Pengetahuan dan Ide-ide terbaik di bidang Manajemen dan Sumber Daya Manusia.
2. Melakukan kolaborasi dengan semua pihak dan para ahli di bidang Manajemen, Teknologi, Enterpreneurship, Sumber Daya Manusia, dan sebagainya.
3. Meningkatkan quality of life bagi orang-orang terbaik yang bergabung di dalam kegiatan dan pergerakan Proxsis.

Salah satu sisi kantor Proxsis
Kehadiran Proxsis di tengah eksisnya dunia teknologi seperti sekarang, tentu menjadi solusi bagi kita untuk terus berinovasi dan mengembangkan kemampuan diri. Fokusnya pada bidang jasa konsultasi sistem manajemen dan tata kelola teknologi informasi, amat membantu dalam memecahkan berbagai kendala yang dihadapi para pegiat IT, khususnya bagi pemula yang menemukan kebingungan dalam memanfaatkan dunia teknologi.

Sambutan Hangat Penuh Berkesan
 
Mbak Liswanti membuka acara
Setelah agak puas melihat sekeliling ruangan, acara pun dimulai sesuai jadwal yang ditentukan. Salam hangat disampaikan MC, Mbak Liswanti, dengan penuh semangat memberikan yel-yel disertai isyarat tangan, "Blogger Muslimah... Milad ketiga, Alhamdulillah!"

Sambutan manis penuh kesan dan pesan diteruskan oleh Uni Novia Syahidah Rais, Founder Blogger Muslimah. Dikenangnya kembali awal mula berdiri Blogger Muslimah, yang didasari karena menginginkan tulisan yang berdaya guna serta bermanfaat, bisa mengedukasi banyak orang, dengan jangkauan lebih luas tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Uni Novia mengenang awal berdirinya BM
Semangat Uni Novia terus ditularkan kepada kaum hawa lainnya, sehingga tetap aktif dalam dunia literasi, bukan hanya muslimah berjilbab, yang tidak berjilbab pun boleh mengikuti. Meski kadang semangat tidak selalu menyala terang, namun kreativitas harus selalu diasah. Hal itu terbukti, sejak terbentuknya Blogger Muslimah pada tanggal 1 Desember 2014, telah mengalami pasang surut eksistensinya, kini bangkit dengan teguhnya mengukuhkan #Milad3BloggerMuslimah.

Banyak program diselenggarakan, baik online maupun offline, dapat meningkatkan produktivitas para blogger dalam menulis, diantaranya : One Day One Post, Posting Tematik, Program Eduvisit Muslimah, dan Blogger Muslimah Meet Up. Tagline yang diusungpun syarat makna, "Membaca Dunia, Menulis Semesta", dengan maksud supaya jangkauan tulisan kita lebih luas dari yang dibaca.


Menutup sambutannya, Uni Novia pun memperkenalkan sosok baru, serupa maskot Blogger Muslimah. Setelah diberi kesempatan, tidak ada yang bisa menebak 'sang tokoh' maka jawabanpun hanya ditemukan melalui alamat webnya www.bloggermuslimah.id

Mas Adit menerima dengan baik kehadiran BM
Sebagai tuan rumah, Mas Adit perwakilan dari Proxsis menyambut dengan tangan terbuka kehadiran Blogger Muslimah, sehingga kami pun merasa tidak sungkan dalam berinteraksi. Memang sudah menjadi tempat biasa berkumpulnya para komunitas, jadi kenyamanan pengunjung pun turut diperhatikan. "Semoga antara Proxsis dan Blogger Muslimah bisa bersinergi menghasilkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat," imbuhnya.

Mengenali Lebih Jelas Kepribadian Muslimah

Mbak Ratih memberi gambaran kepribadian seorang muslimah
Usai sambutan disampaikan dari kedua belah pihak, para peserta mulai diberikan tambahan ilmu melalui materi yang bermanfaat bagi muslimah.

Mengawali materi pertama disampaikan oleh Mbak Ratih Sophie Azizah, memberi penjelasan mengenai cara mengenali diri sendiri dan orang lain. Meski ada beberapa cara/alat, namun alat yang digunakan pada pertemuan kali ini bernama DISC, yaitu alat tes psikologi untuk mengetahui karakter dan perilaku seseorang. Alat ini biasa digunakan saat psikotes atau rekruitmen penerimaan karyawan.

DISC merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Dengan ciri sebagai berikut :
1. Tipe Dominance
Keyword : tegas.
Ciri umum : cepat dalam memutuskan, tegas, ada ego yang tinggi, dapat diandalkan, berani mengambil resiko, inisiatif yang tinggi.
2. Tipe Influence
Keyword : Intim.
Ciri umum : antusias, bersemangat tinggi, percaya diri, optimistis, persuasif, bicara aktif, impulsif, emosional. 
3. Tipe Steadiness
Keyword : loyal.
Ciri umum : bisa jadi pendengar yang baik, team player, possessive, stabil, dapat diprediksi, memahami orang lain, bersahabat.
4. Tipe Compliance
Keyword : cermat.
Ciri umum : akurat, analitis, cermat, hati-hati, fact-finder, presisi tinggi, standar kerja tinggi, sistematis.

Setelah mengetahui macam-macam karakter, sebuah tes berupa lembaran kertas yang terdiri dari 24 soal pilihan A, B, C, dan D dibagikan kepada setiap peserta. Berupa tes psikologi untuk mengetahui karakter diri sendiri, sehingga bila dijumlahkan akan terlihat hasil perhitungannya berdasarkan yang lebih besar, berarti mendekati kepribadian/karakter kita.

Peserta sibuk mengisi tes
Karakter dan kepribadian setiap orang berbeda-beda. Karena karakter merupakan sifat bawaan, sedangkan kepribadian dipengaruhi oleh lingkungan dan kemungkinan bisa berubah. Dengan adanya perbedaaan, tentu perselisihan pernah kita alami sehingga perlu adanya memahami diri sendiri dan orang lain, dibutuhkan pula penyesuaian diri dengan perbedaan yang ada, baru kemudian mencari solusi yang kiranya disukai.

Dengan mempelajari DISC, kita pun mendapat manfaat :
1. Understanding -> dapat mengerti mengapa seseorang melakukan suatu hal.
2. Recognising -> dapat mengenali karakter seseorang dan melakukan pendekatan yang cocok.
3. Adapting -> saling memahami kepribadian masing-masing dan bisa beradaptasi.
4. Appreciating the difference -> dapat saling menghargai dengan kepribadian yang berbeda.

Sejak awal, Mbak Ratih memang terlihat bersemangat dan sangat lancar dalam menyampaikan materi, jadi untuk melengkapi teori, pesanpun disampaikan di ujung pembahasan, sesuai tema kali ini "Muslimah di Era Digital".

"Ingatlah identitas kita sebagai seorang muslimah," ujar Mbak Ratih seolah menyadarkan. Mengingat semakin canggih dan bebasnya seseorang menggunakan internet, maka sebagai seorang muslimah harus tetap memiliki kepribadian selayaknya muslimah, dengan mempertimbangkan hal-hal berikut :
1. Jangan latah/ikut-ikutan, jangan termakan omongan yang negatif, dan tetapkan teguh sebagai identitas muslimah.
2. Berhati-hati dalam memilih teman dan tempat bersosialisasi. Boleh berbaur dengan siapa pun, tapi jangan melebur.
3. Sibukkan pikiran kita dengan hal-hal yang baik dan jauhi pikiran buruk terhadap orang lain.
4. Sertakan Allah dalam hati, pikiran, lisan, dan jari kita.
 
Tampil Anggun di Hari Ceria
Sejak pengisian registrasi, setiap peserta telah diberikan bingkisan berisi sebuah baju Seply by Ethica. Warnanya yang kalem, biru muda dengan kombinasi hitam, terasa adem dan leluasa membungkus tubuhku. Penampilan para peserta tampak anggun penuh percaya diri mengenakan gamis berbahan katun kasiani ini, senyum ceria selalu diperlihatkan terutama sewaktu berselfi di berbagai sudut ruang.

Bersama Uni Novia mengabadikan moment
Mengambil kesempatan yang jarang terjadi, Uni Sovia pun meminta tiap peserta berfoto bersamanya untuk mengingat nama dan wajah mereka. Dengan senang hati, mengenakan gamis dari Seply saya pun turut mengambil bagian.

Menikmati Ayam Bahagia

Menu ayam bahagia
Waktu makan siang telah tiba, Ayam Bahagia pun hadir untuk memanjakan lidah dan perut kami. Dengan menu utama ayam bakar berbalut bumbu hijau, dilengkapi dengan potongan tempe, bakwan jagung dan sambal, tak lupa sayur asam menambahi selera makan kami. Menikmati cita rasanya yang melekat di lidah, semakin menambah keakraban kami diselingi cerita yang menimbulkan tawa hingga rasa bahagia semakin terasa.

Resto Ayam bahagia memiliki resep yang telah bertahan hingga 3 generasi, kini konsepnya lebih simpel dan modern. Karena latar belakang bermula dari Resto Minang, jadi menu andalannya rendang ayam yang tengah kami santap. Kehadirannya untuk membahagiakan setiap orang, memang terasa pas dengan cita rasa kuliner nusantara, tentunya telah disesuaikan dengan kegemaran orang Indonesia.

Memahami SEO Management
Kenyang menyantap makan siang, materi dilanjutkan oleh Coach Riandi Rahmat, selaku SEO Specialist dari digitalfinger.id.

Coach Rian memulai materi
Coach Rian mengenalkan kami seputar SEO (Search Engine Optimization), dapat diartikan sebagai proses melakukan aktivitas tertentu terhadap situs web, sehingga situs tersebut akan tampil di halaman 1 mesin pencari google. Pentingnya sebuah situs tampil pada halaman pertama, di mana lebih banyak peluang bagi orang untuk membuka dan mudah dalam pencarian, dan berakibat pada peningkatan trafik serta ramainya pengunjung blog.

Jika SEO merupakan hasil pencarian secara alami/organik, pencarian tak berbayar/ non-iklan, maka berbeda halnya dengan SEM (Search Engine Marketing), yang merupakan blog/web dengan cara beriklan/ berbayar, yang berarti hasil pencarian tidak alami/ non-organik.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya :
1. SEO
- Kelebihan : Mampu bertahan lama, seiring dengan banyaknya pembaca yang berkunjung.
- Kekurangan : Membutuhkan waktu yang lama karena butuh proses.
2. SEM
- Kelebihan : Lebih cepat berada di halaman atas karena telah membayar iklan.
- Kekurangan : Memiliki batas waktu setelah iklan berakhir. 

Meski jalur SEO tidak mudah ditempuh, tapi Coach Rian berbaik hati membagikan ilmunya untuk mempersiapkan beberapa hal berikut :
1. Membuat website.
Tahap pertama ini tentu saja wajib dilakukan, karena sebagai blogger pasti harus punya blog dulu sebelum menulis/ membuat postingan.
2. Riset kata kunci.
Buatlah keyword yang populer atau banyak dicari orang, dengan menggunakan fasilitas google keyword planner, untuk mendapatkan kata kunci yang tepat dan presisi sebagai acuan dalam menulis sebuah artikel.
3. SEO on page.
Proses SEO hanya dapat dilakukan di bagian internal situs web, yang terdiri dari :
- Tittle tags/ Meta tags.
- Heading (H1), (H2), (H3), dan seterusnya.
- Struktur URL.
- Alat text gambar
- Kecepatan loading page.
- Konten situs web.
 - Internal link.
4. SEO off page.
Proses SEO yang dilakukan di luar bagian situs web atau eksternal. Media yang bisa digunakan yaitu:
- Akun sosial media.
- Situs social bookmarking.
- Link building.
- Blog dan forum posting.
- Video.

Milad Bertabur Hadiah

Juara lomba foto aksesoris, foto Ayam Bahagia, Selfi di Proxsis, Selfie with Seply, dan lomba live tweet
Juara menulis harapan untuk #Milad3bloggerMuslimah
Peserta beruntung mendapatkan doorprize
Meriahnya #Milad3BloggerMuslimah bukan hanya tampak dari tampilan interiornya, tapi pemahaman ilmu yang didapatpun semakin membuka wawasan kita sebagai muslimah yang selalu berkutat dengan dunia digital. Terlebih, kemurahan hati Blogger Muslimah justru berlanjut pada pembagian hadiah bagi para peserta dan bukan sebaliknya. Alhasil, kami yang datang tanpa kado, membawa pulang berbagai bingkisan dari peringatan tiga tahunnya Blogger Muslimah.

Diantara hadiah yang diberikan salah duanya dari sponsor Supertwin Shop dan Sheba. Supertwin shop merupakan online shop  yang dikelola oleh Aisya Avicenna dan Keisya Avicenna (dikenal Supertwin), yang menjual aneka macam busana islami. Harapannya untuk menghadirkan produk-produk berkualitas buatan dalam negeri terus dilakukan sejak berdirinya pada tahun 2014.

Mengusung jargon "Super in Everything", Supertwin terus berusaha yang terbaik dalam kualitas produk (Super in Product), kualitas layanan (Super in Service), dan harga yang sesuai dengan standar kualitas (Super in Price). Dengan tawaran harga sesuai dengan kualitas, tentunya banyak pelanggan yang merasa puas, hal itu terbukti berdasarkan testimoni yang disampaikan pembeli dari berbagai daerah melalui web www.supertwinshop.com

Sementara Sheba, didirikan oleh Eka Rizki Indriyani, mengkhususkan dalam menciptakan jas hujan muslimah, yang cantik dan unik. Setelah melalui perjuangan berat dan panjang, Sheba pun kini laris diminati. Mbak Eka telah membuktikan bahwa meskipun bisnis yang dijalankannya memiliki strategi natural, namun tetap lancar dan tumbuh kuat menghadapi pesaing lainnya.

Kelebihan Sheba :
1. Terbuat dari bahan pilihan terbaik, uniknya menyerupai daun talas yang dapat menepis air sehingga dapat diandalkan ketika musim hujan tiba.
2. Sheba menjadi pioneer Jas Hujan Muslimah Cantik di kelasnya, jadi dapat meningkatkan rasa percaya diri dan rasa nyaman.
3. Desainnya elegan.
4. Warnanya cheerfull, amat dinantikan dan membuat penasaran.
5. Memberikan kualitas terbaik, menjadi komitmennya sehingga bisa dipercaya.
6. Didukung oleh lebih dari 40 agen, bersistem amanah dan melayani 100% jadi tidak akan mengecewakan.
7. Harga terjangkau, sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Bros & Bandana
Oleh-oleh yang dibawa pulang
Beruntunglah bagi peserta yang mendapat masing-masing hadiah tersebut. Namun bingkisan menarik lainnya turut menambahi di antara hadiah lainnya. Sebut saja Evaldinart, memberikan bros cantik dan imut untuk mempermanis tampilan berbusana muslimah kita, khususnya memperindah jilbab yang dikenakan. Ada juga bingkisan dari Hana Mozlima, berupa bandana rajut yang unik.

Usia Blogger Muslimah masih terbilang muda, namun jerih payah selama tiga tahun pencapaian tidaklah mudah hingga harus mengalami jatuh bangun dalam membangkitkan kembali semangat yang sempat redup. Di moment bersejarah, telah berhasillah angka tiga dicapai dengan penuh kenangan sekaligus harapan baru. Para anggota pun tentunya menginginkan Blogger Muslimah tetap bertahan dan terus eksis di antara pesatnya pengguna internet yang beradu. Banyak kesan dan keakraban telah terekam, kebahagiaan pun tak luput membekas dalam ingatan. Semoga di tahun dan masa mendatang, Blogger Muslimah semakin terpancar pendayagunaannya.


Proxsis
Head Office :

4 Komentar

  1. Ooo ternyata icon-nya udah ada namanya. Muslimah ya? JD inget guru laskar pelangi hehe :D

    BalasHapus
  2. Baru tahu juga icon BM namanya Muslimah. Jadi keinget nenekq yg sdh ga ada.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama